Deskripsi Mata Kuliah

No 

Kode/Nama Mata Kuliah 

Deskripsi 

1.  MPBI5101/  

Critical Reading and Writing 

 

Mata kuliah ini wajib dan dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang keterampilan berpikir kritis dan mengembangkan kemampuan membaca kritis mahasiswa sebagai prasyarat kemampuan melakukan tinjauan literatur kritis dan menulis laporan penelitian kritis sebagai bagian dari tugas mereka. tugas sebagai mahasiswa program pascasarjana. Dengan demikian, mata kuliah ini merupakan gabungan dari dua domain membaca kritis dan menulis yang menyarankan pemikiran kritis karena membaca dan menulis saling terkait dan saling bergantung yang pada akhirnya memberikan dasar bagi penulisan akademis lanjutan Tugas Akhir Program Magister (TAPM). Kursus ini dimulai dari memberikan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berpikir kritis, membaca dan menulis kritis. Mata kuliah ini juga dirancang untuk mendorong mahasiswa membaca secara kritis menganalisis berbagai teks dan gambar untuk memperoleh prosedur penulis dalam membangun argumen dan mengungkapkan gagasan. Mata kuliah ini membimbing mahasiswa untuk memparafrasekan, merangkum, menghindari plagiarisme dan mengembangkan argumentasinya dengan menggunakan berbagai teks, gambar dan wacana. 

2.  MPBI5103/Language Teaching Methods 

 

Di akhir mata kuliah, mahasiswa dapat merancang silabus kursus EFL berdasarkan evaluasi, adaptasi, atau penulisan materi pengajaran yang sesuai dengan audiens yang dituju dan tujuan pembelajaran kursus. Siswa akan mempelajari teori, konsep, prinsip, dan proses pengembangan kurikulum bahasa, desain silabus, dan evaluasi, adaptasi, dan penulisan bahan ajar yang paling sesuai dengan kebutuhan audiens yang ditargetkan. Siswa akan terlibat dalam proses pembelajaran melalui ceramah, diskusi, tugas, dan pembelajaran berbasis proyek. Selain tes formatif untuk mengecek pemahaman siswa terhadap teori atau konsep yang dibahas, penilaian berbasis proyek juga akan digunakan untuk membuktikan bahwa siswa mencapai tujuan pembelajaran. Idealnya, siswa telah mengambil mata kuliah yang berkaitan dengan metodologi pengajaran bahasa Inggris, atau pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. 

3.  MPBI5104/Applied Linguistics 

 

Mata kuliah ini memperkenalkan pesertanya, yang sebagian besar adalah guru, dengan sifat dan ruang lingkup linguistik terapan dalam perspektif interdisipliner. Secara khusus, mata kuliah ini berfokus pada sifat dan kompleksitas bahasa manusia dan penggunaan bahasa, bidang penyelidikan linguistik terapan, dan keterampilan serta penilaian bahasa untuk memahami, mengidentifikasi, dan juga menyelidiki beberapa solusi praktis untuk beberapa masalah terkait bahasa. permasalahan di bidang pendidikan. 

4.  MIPK5201/Metode Penelitian Pendidikan 

 

MIPK5201 Metode Penelitian Pendidikan membahas tentang bagaimana mengkaji permasalahan, melakukan kajian teori, mengembangkan metode penelitian termasuk pengembangan instrument serta pengolahan data. Pembahasan mencakup penelitian kualitatif dan kuantitatif serta jenisnya seperti eksperimen, survei dan penelitian korelasional. Mata kuliah ini juga membahas tentang langkah penyusunan proposal dan laporan hasil penelitian.  

5.  MPBI5201/Assessment in Language Teaching 

 

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan (1) sikap positif mahasiswa terhadap penilaian bahasa Inggris, (2) pengetahuan tentang penilaian untuk/sebagai/pembelajaran, dan (3) keterampilan dalam (a) memilih/membangun instrumen penilaian untuk/sebagai/ pembelajaran bahasa Inggris, (b) menggunakan/mencoba instrumen penilaian bahasa Inggris, (c) menganalisis dan menafsirkan data penilaian bahasa Inggris, dan (d) menggunakan hasil penilaian bahasa Inggris untuk mengevaluasi pembelajaran bahasa Inggris terkait. Untuk mencapai tujuan tersebut, kursus akan mencakup topik-topik berikut: (1) konsep pengujian, penilaian, pengukuran, dan evaluasi; (2) permasalahan krusial dalam penilaian dan evaluasi; (3) penilaian terhadap pembelajaran—konsep, prinsip, teknik, instrumen; (4) menggunakan hasil penilaian untuk evaluasi pembelajaran EL. 

6.  MPBI5202/Grammar Analysis 

 

Mata kuliah ini menyajikan kaidah-kaidah gramatika Bahasa Inggris yang mengatur bagaimana satuan Bahasa Inggris itu digunakan dalam wacana. Adapun satuan satuan bahasa yang dikenalkan mencakup morfem dan morfem yang membangun satuan kata sampai satuan bahasa kalimat. Berkaitan dengan hal ini, maka buku ini dirancang untuk mengenalkan dan menyajikan lexical and grammatical English words, Noun Phrase, Verb Phrase, Adjective Phrase, Simple Sentence, Compound Sentence, Complex Sentence (termasuk mengenalkan compound-complex sentence) yang ada dalam Bahasa Inggris. Semua satuan bahasa itu kemudian diihat dalam wacana. Mahasiswa dikenalkan dengan cara mengidentifikas dan menganalisis satuan bahasa dan bagaimana satuan bahasa tersebut digunakan dan berkontribusi makna dalam wacana Bahasa Inggris. Pemenuhan capaian pembelajaran dari mata kuliah ini akan dilakukan melalui latihan dan test tertulis yang disediakan di tengah proses pembelajaran dan di akhir semester.   

7.  MPBI5204/EFL Curriculum and Materials Development 

 

MPBI5204 EFL Curriculum and Materials Development membimbing siswa untuk memiliki pengetahuan tentang kurikulum, silabus, bahan ajar dan pengembangan media; mengevaluasi bahan dan media pembelajaran yang ada; mengadopsi, mengadaptasi, dan mengembangkan bahan dan media pembelajaran berdasarkan hasil evaluasi. 

8.  MPDR5102/Integrasi Teori dan Praktek Pembelajaran 

 

MPDR5102 Integrasi Teori dan Praktek Pembelaran membahas tentang konsep belajar dan pembelajaran berbagai perspektif belajar yang mencakup teori behavioristik, teori belajar kognitif, teori belajar sosial dan teori belajar humanistic, pendekatan belajar aktif, mastery learning, serta pendekatan belajar berorientasi kecerdasan majemuk.  

9.  MPBI5300/Studi Mandiri dan Seminar Proposal Penelitian 

 

MPBI5300 Studi Mandiri dan Seminar Proposal Penelitian menyajikan konsep dan jenis penelitian berikut komponen-komponen di dalamnya, memandu bagaimana merancang dan melaksanakan penelitian, serta memastikan penelitian yang dirancang akan berkontribusi terhadap dunia nyata sesuai dengan bidang masing-masing. 

10.  MIPK5301/Evaluasi Program Pendidikan 

 

MIPK5301 Evaluasi Program Pendidikan mengkaji perbedaan evaluasi dan penelitian, ruang lingkup evaluasi, kaitan antara tujuan evaluasi program, berbagai model evaluasi, konsep dasar EPP dan pemilihan model EPP; merancang EPP, menginterpretasikan hasil kesimpulan dan rekomendasi; menulis laporan EPP; serta mereview hasil EPP.  

11.  MPBI5302/Sociolinguistics and Language Teaching 

 

Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk memberikan pembahasan yang komprehensif tentang Sosiolinguistik dan penelitiannya, serta kaitannya dengan pengajaran bahasa. Topik mata kuliahnya meliputi pengertian Sosiolinguistik; bilingualisme dan multilingualisme; pergeseran pemeliharaan bahasa, dan kematian; kode dan pilihan; Variasi dan perubahan bahasa; bahasa dan identitas; Perencanaan dan Kebijakan Bahasa; Sosiolinguistik Bahasa Inggris dan pengajaran EFL; dan penelitian di bidang Sosiolinguistik. Metode pembelajarannya memadukan pembelajaran mandiri siswa dengan ceramah/tutorial, (presentasi) dan diskusi. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah diukur dari kualitas partisipasinya dalam diskusi, keberhasilan menyelesaikan tes formatif, serta ujian akhir.  

12.  MPBI5303/Innovations in Language Teaching 

 

Mata kuliah ini membahas tentang pengetahuan dasar, prinsip, dan konsep kunci inovasi dalam Pengajaran Bahasa Inggris, dan manajemen inovasi pada domain pengajaran dan pembelajaran bahasa. Mata kuliah ini juga mencakup beberapa teori dan metodologi pengajaran yang relevan untuk memperhitungkan perubahan teknologi yang cepat dan kebutuhan siswa. Kursus ini mencakup jenis-jenis inovasi dalam pengajaran bahasa Inggris yang meliputi pengajaran mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis, serta memanfaatkan materi digital yang tersedia. Model skenario pengajaran yang menggabungkan teknologi juga dibahas di beberapa bagian mata kuliah ini khususnya ketika membahas empat keterampilan berbahasa (membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara). 

13.  MPBI5400/Tugas Akhir Program Magister (TAPM) 

 

MPBI5400 Tugas Akhir Program Magister (TAPM) dibuat berdasarkan hasil penelitian mahasiswa yang dilakukan secara mandiri. TAPM bersifat empirik (kajian lapangan) yang disusun secara sistematik berdasarkan metode ilmiah. Penelitian dapat berupa penelitian ex post facto (survei), eksperimen atau kuasi-eksperimen, studi kasus, atau bentuk lainnya.